Cara Memasang Peramban di HP Android, dan Mudahnya Jelajahi Dunia Maya

Kissparry merasa perlu memberikan tips atau tutorial untuk langkah-langkah menjelajah di dunia maya atau internet, atau lebih keren dengan istilah browsing di internet.

Bisa menggunakan bahasa lain yaitu meramban di internet. Sederhana tapi lengkap termasuk istilah-istilah yang ada.

Ringan saja alasannya, yaitu karena diantara anggota keluarga besar Kissparry agar lebih familiar dengan yang namanya dunia maya atau internet, sehingga terlepas dari gagap teknologi informasi atau yang lebih sering disebut gaptek.

Meskipun hanya sekilas diharapkan sudah semakin paham tentang tata cara browsing dan istilah yang berkaitan dengan itu.

Maklumlah anggotanya lintas generasi, ada generasi tua, menengah, dan kini. Untuk generasi-generasi tua dan menengah, paling penting bisa WA (WhatsApp), FB (Facebook – kadang yang penting bisa buka, posting foto), tambah lagi bisa buka YouTube. Sudah, itu katanya sudah lumayan, dari pada tidak sama sekali.

Android-logo

Sekali lagi, hal yang menjadi target tulisan ini adalah perlunya memahami cara-cara meramban (browsing) di dunia maya atau internet, atau buka-buka dokumen dan lainnya di internet yaitu dengan mesin peramban. Apabila belum ada aplikasi peramban, di sini akan dibahas cara mencari dan memasangnya.

Apa itu mesin peramban, bukan seperti mesin motor atau mesin pesawat terbang, tetapi mesin peramban itu merupakan aplikasi yang disiapkan untuk meramban atau menjelajah di jaringan internet, yang kemudian mesin itu dikenal dengan nama PERAMBAN atau BROWSER.

Loh… meramban kan bahasa Jawa, cari ramban (cari dedaunan untuk hewan ternak), wah kalau begitu malah mudah menerapkannya …. yok… mramban neng internet…. (maaf ini intermeso saja).

san-francisco-international-airport
Ilustrasi bandara Amerika (San Francisco) – istimewa

Pasti Anda akan bertanya, gambarnya kok bandar udara, apa hubungannya dengan peramban atau penjelajah. Ini adalah gambaran menjelajahi dengan cara yang nampak atau nyata, bisa menggunakan pesawat udara melalui bandar udara.

Tetapi untuk menjelajah dunia maya kita tidak perlu menggunakan pesawat udara, kita bisa sampai Amerika melalui mesin peramban, cukup klik-klik dari rumah atau dari mana saja, asal terhubung dengan jaringan internet, tentu yang akan diambil adalah informasi-informasi yang ada di Amerika atau tempat lainnya bisa kita dapatkan.

Sistem Operasi (Operating System – OS) Handphone

HP atau smartphone (telepon pintar) itu bisa menyala atau bisa beroperasi alias bisa digunakan karena ada operating system atau sistem operasi yang telah dipasang oleh pembuatnya atau pabrik smartphone.

Sistem Operasi inilah yang akan menyalakan HP hingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Basis sistem operasinya ada Windows Phone, ada Android, dan ada yang lainnya. OS yang banyak ditemukan adalah berbasis atau versi ANDROID.

Jadi Android itu merupakan sistem operasi atau operating system untuk menyalakan smartphone. Ya… meskipun kalau ditanya kamu pake HP apa, oo… aku pakai HP Android, itulah bahasa sehari-hari.

Versi sistem operasi yang disematkan ke dalam handphone juga beraneka ragam, sehingga begitu handphone (smartphone) dinyalakan otomatis akan memasang sistem operasi sendiri, bawaan dari handphone (memang telah disiapkan oleh pabrik pembuatnya, hal itu untuk memudahkan).

Apabila kita membeli HP di konter atau toko penjual HP biasanya sudah dipasangkan (install-kan) OS tersebut oleh penjual, tetapi kalau kita beli HP melalui toko online maka kita harus menginstal sendiri.

Setiap HP baru model smartphone sudah disematkan PERAMBAN atau BROWSER bawaan (biasanya), dan di sini kita tidak membicarakan peramban bawaan, tetapi BROWSER yang sudah lazim sebelumnya yang ada disekitar kita, yang terkenal misalnya dari GOOGLE yaitu Google CHROME atau Firefox dari Mozilla.

Baca juga: 10 jenis peramban yang terpopuler dan terbaik di Android 2017.

MERAMBAN MELALUI GOOGLE PADA SMARTPHONE ANDROID

Kita ketahui banyak pabrikan smartphone bekerja sama dengan Google, sehingga pada HP tersebut tersemat layanan Google, seperti GMail, YouTube, Google Search (Telusur) Google Play dan lainnya, tetapi biasanya Chrome, Drive, Translate (Terjemah) tidak ikut serta.

Oleh sebab itu aplikasi Google yang diperlukan dan tidak terdapat pada aplikasi smartphone bawaan perlu di INSTALL atau di PASANG terlebih dahulu.

Seperti smartphone yang kissparry gunakan selama ini sudah ada aplikasi Google (Google Search) yang langsung terhubung dengan peramban atau browser.

Aplikasi-Google
Menu Aplikasi Google (tampilan di desktop)

Smartphone yang belum dipasang aplikasi peramban yang bukan bawaah ketika mengetik di Google Search akan menanyakan peramban yang akan digunakan dengan pertanyaan Sekali Saja atau Selalu.

Bagaimana langsung meramban atau browsing dengan Google bawaan, perhatikan gambar berikut ini.

Bahasanya tidak pakai merambah tetapi meramban, kalau bahasa Jawa meramban itu sama dengan merumput atau mencari pakan ternak (ramban – dedaunan makanan hewan), tetapi kalau merambah bisa diartikan mencuri (misal, merambah hutan).

  • Dari halaman depan smartphone yang sudah tersedia menu Google Search tinggal di klik area Google tersebut (bila sudah terpasang – kalau belum bisa dipasangi). Kebetulan smartphone Kissparry sudah tersedia.
Google_depan
Browsing melalui Google bawaan
  • kemudian muncul seperti ini
Google_depan1
Lembar tampilan setelah klik Google
  • di tulisan telusuri Google ketik kissparry dan tekan tombol cari di bawah (bulat hijau) pada papan ketik, maka Google akan mencarikan data dengan kata kunci KISSPARRY.
Google_depan2
menampilkan hasil pencarian kata kunci kissparry dan menampilkannya
  • Coba pilih salah satu artikel di kissparry.com, misalnya Sumeleh, Sakdermo …… Apabila Anda klik tautan itu akan terbuka lembaran baru, silakan di cek pada menu peramban.
Google_depan3
Hasil klik pilihan artikel SUMELEH, SAKDERMO NGLAKONI

Kita telah berhasil dengan mudah untuk meramban atau browsing di internet melalui Google.

Apakah smartphone ada telah tersedia aplikasi Google? Silakan mencoba bila telah tersedia, bila belum silakan ikuti penjelasan berikutnya.

_

Membaca selanjutnya laman 2, Memasang Peramban


Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca