Cara Memasang Peramban di HP Android, dan Mudahnya Jelajahi Dunia Maya

Kissparry merasa perlu memberikan tips atau tutorial untuk langkah-langkah menjelajah di dunia maya atau internet, atau lebih keren dengan istilah browsing di internet. Bisa menggunakan bahasa lain yaitu meramban di internet. Sederhana tapi lengkap termasuk istilah-istilah yang ada.

Ringan saja alasannya, yaitu karena diantara anggota keluarga besar Kissparry agar lebih familiar dengan yang namanya dunia maya atau internet, sehingga terlepas dari gagap teknologi informasi atau yang lebih sering disebut gaptek. Meskipun hanya sekilas diharapkan sudah semakin paham tentang tata cara browsing dan istilah yang berkaitan dengan itu.

Maklumlah anggotanya lintas generasi, ada generasi tua, menengah, dan kini. Untuk generasi-generasi tua dan menengah, paling penting bisa WA (WhatsApp), FB (Facebook – kadang yang penting bisa buka, posting foto), tambah lagi bisa buka YouTube. Sudah, itu katanya sudah lumayan, dari pada tidak sama sekali.

Android-logo

Sekali lagi, hal yang menjadi target tulisan ini adalah perlunya memahami cara-cara meramban (browsing) di dunia maya atau internet, atau buka-buka dokumen dan lainnya di internet yaitu dengan mesin peramban. Apabila belum ada aplikasi peramban, di sini akan dibahas cara mencari dan memasangnya.

Apa itu mesin peramban, bukan seperti mesin motor atau mesin pesawat terbang, tetapi mesin peramban itu merupakan aplikasi yang disiapkan untuk meramban atau menjelajah di jaringan internet, yang kemudian mesin itu dikenal dengan nama PERAMBAN atau BROWSER.

Loh… meramban kan bahasa Jawa, cari ramban (cari dedaunan untuk hewan ternak), wah kalau begitu malah mudah menerapkannya …. yok… mramban neng internet…. (maaf ini intermeso saja).

san-francisco-international-airport
Ilustrasi bandara Amerika (San Francisco) – istimewa

Pasti Anda akan bertanya, gambarnya kok bandar udara, apa hubungannya dengan peramban atau penjelajah. Ini adalah gambaran menjelajahi dengan cara yang nampak atau nyata, bisa menggunakan pesawat udara melalui bandar udara.

Tetapi untuk menjelajah dunia maya kita tidak perlu menggunakan pesawat udara, kita bisa sampai Amerika melalui mesin peramban, cukup klik-klik dari rumah atau dari mana saja, asal terhubung dengan jaringan internet, tentu yang akan diambil adalah informasi-informasi yang ada di Amerika atau tempat lainnya bisa kita dapatkan.

Sistem Operasi (Operating System – OS) Handphone

HP atau smartphone (telepon pintar) itu bisa menyala atau bisa beroperasi alias bisa digunakan karena ada operating system atau sistem operasi yang telah dipasang oleh pembuatnya atau pabrik smartphone. Sistem Operasi inilah yang akan menyalakan HP hingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Basis sistem operasinya ada Windows Phone, ada Android, dan ada yang lainnya. OS yang banyak ditemukan adalah berbasis atau versi ANDROID.

Jadi Android itu merupakan sistem operasi atau operating system untuk menyalakan smartphone. Ya… meskipun kalau ditanya kamu pake HP apa, oo… aku pakai HP Android, itulah bahasa sehari-hari.

Versi sistem operasi yang disematkan ke dalam handphone juga beraneka ragam, sehingga begitu handphone (smartphone) dinyalakan otomatis akan memasang sistem operasi sendiri, bawaan dari handphone (memang telah disiapkan oleh pabrik pembuatnya, hal itu untuk memudahkan).

Apabila kita membeli HP di konter atau toko penjual HP biasanya sudah dipasangkan (install-kan) OS tersebut oleh penjual, tetapi kalau kita beli HP melalui toko online maka kita harus menginstal sendiri.

Setiap HP baru model smartphone sudah disematkan PERAMBAN atau BROWSER bawaan (biasanya), dan di sini kita tidak membicarakan peramban bawaan, tetapi BROWSER yang sudah lazim sebelumnya yang ada disekitar kita, yang terkenal misalnya dari GOOGLE yaitu Google CHROME atau Firefox dari Mozilla. Baca juga: 10 jenis peramban yang terpopuler dan terbaik di Android 2017.

MERAMBAN MELALUI GOOGLE PADA SMARTPHONE ANDROID

Kita ketahui banyak pabrikan smartphone bekerja sama dengan Google, sehingga pada HP tersebut tersemat layanan Google, seperti GMail, YouTube, Google Search (Telusur) Google Play dan lainnya, tetapi biasanya Chrome, Drive, Translate (Terjemah) tidak ikut serta. Oleh sebab itu aplikasi Google yang diperlukan dan tidak terdapat pada aplikasi smartphone bawaan perlu di INSTALL atau di PASANG terlebih dahulu.

Seperti smartphone yang kissparry gunakan selama ini sudah ada aplikasi Google (Google Search) yang langsung terhubung dengan peramban atau browser.

Aplikasi-Google
Menu Aplikasi Google (tampilan di desktop)

Smartphone yang belum dipasang aplikasi peramban yang bukan bawaah ketika mengetik di Google Search akan menanyakan peramban yang akan digunakan dengan pertanyaan Sekali Saja atau Selalu.

Bagaimana langsung meramban atau browsing dengan Google bawaan, perhatikan gambar berikut ini. Bahasanya tidak pakai merambah tetapi meramban, kalau bahasa Jawa meramban itu sama dengan merumput atau mencari pakan ternak (ramban – dedaunan makanan hewan), tetapi kalau merambah bisa diartikan mencuri (misal, merambah hutan).

  • Dari halaman depan smartphone yang sudah tersedia menu Google Search tinggal di klik area Google tersebut (bila sudah terpasang – kalau belum bisa dipasangi). Kebetulan smartphone Kissparry sudah tersedia.
Google_depan
Browsing melalui Google bawaan
  • kemudian muncul seperti ini
Google_depan1
Lembar tampilan setelah klik Google
  • di tulisan telusuri Google ketik kissparry dan tekan tombol cari di bawah (bulat hijau) pada papan ketik, maka Google akan mencarikan data dengan kata kunci KISSPARRY.
Google_depan2
menampilkan hasil pencarian kata kunci kissparry dan menampilkannya
  • Coba pilih salah satu artikel di kissparry.com, misalnya Sumeleh, Sakdermo …… Apabila Anda klik tautan itu akan terbuka lembaran baru, silakan di cek pada menu peramban.
Google_depan3
Hasil klik pilihan artikel SUMELEH, SAKDERMO NGLAKONI

Kita telah berhasil dengan mudah untuk meramban atau browsing di internet melalui Google.

Apakah smartphone ada telah tersedia aplikasi Google? Silakan mencoba bila telah tersedia, bila belum silakan ikuti penjelasan berikutnya.

MEMASANG PERAMBAN (BROWSER) SENDIRI

  • Di Smartphone Android

Memasang browser atau peramban sendiri untuk Android menggunakan Play Store grup Google, silakan di klik Play Store kemudian ketik di pencarian Play Store dengan kata kunci CHROME

play
Play Store Logo dari Google

bila sudah ketemu lalu pilih gambar seperti ini dan klik PASANG atau INSTALL.

Google-Chrome-Browser-icon-2016
Logo Google Chrome

dan tunggu beberapa saat Google Chrome akan terpasang dan siap digunakan. Selesai mengunduh dan memasang, bisa langsung pilih perintah BUKA maka Chrome akan terbuka.

  • Di Laptop

Untuk memasang Google Chrome juga aplikasi lainnya di laptop, berbeda dengan di Android. Bedanya yaitu harus di unduh kemudian di jalankan dengan cara yang sedikit berbeda.

Siapkan folder tempat unduhan, misalkan folder Master kemudian didalamnya ada folder Google.

Bukan hanya Google Chrome, tetapi Anda juga bisa memasang peramban yang lain, misalnya OPERA MINI, FIREFOX, dan Lainnya.

MENJALANKAN PERAMBAN

Untuk menjalankan mesin atau aplikasi peramban cukup dengan meng-klik gambar dari peramban maka peramban akan running atau membuka dirinya sehingga terbuka dan siap digunakan atau beroperasi.

Peramban Bawaan Smartphone

Coba cek aplikasi peramban bawaan yang sudah tersedia di smartphone Anda, seperti ini contoh dari smartphone yang digunakan untuk menulis artikel ini (artikel ini disamping ditulis menggunakan laptop juga sebagian ditulis dengan smartphone).

Sudah tersedia peramban untuk setiap smartphone yang dijual dan berada di tangan pembeli. Saat ini Kissparry tidak akan mengulas tentang peramban bawaan dari smartphone Anda, silakan mencoba coba sendiri untuk menjalankan peramban bawaan dari smartphone Anda.

Beberapa Pengertian atau Istilah dalam Internet

Sebelum melanjutnya membahas tentang peramban Chrome alangkah baiknya kita singgung sedikit pengertian dari beberapa istilah di internet.

URL, kependekan dari Uniform Resource Locator merupakan alamat baku yang dipakai untuk nama sebuah dokumen atau web (laman) pada jaringan internet, dokumen tersebut bisa berupa teks, gambar, tabel, video, atau yang lain. Contoh URL adalah https://kissparry.com.

HTTP atau HTTPS, kependekan dari Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dan Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS). HTTPS dan HTTP biasanya diketik dengan huruf kecil kedua istilah ini memiliki pengertian yang sama dengan hanya saja HTTPS memiliki kelebihan fungsi di bidang keamanan (secure). HTTPS menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security(TLS) sebagai sublayer dibawah HTTP aplikasi layer yang biasa.

Alamat inilah yang digunakan untuk mengenali sebuah web atau laman seperti halnya alamat nyata tempat tinggal di dunia nyata.

LINK, atau tautan merupakan istilah untuk menghubungkan ke alamat yang lain, contoh link/taut berikut silakan klik dan akan terbuka di halaman/jendela/tab baru misalnya klik Bandar Udara di Indonesia. Sesuatu tautan akan nampak saat ditunjuk dengan tetikus (mouse), muncul gambar penunjuk.

WWW kependekan dari World Wide Web yang menempel pada nama, misalnya http://www.kissparry.com namun langsung bisa diketik kissparry.com. Pada prinsipnya www itu masih ada tetapi pemakaiannya hanya aplikasi tertentu yang mengharuskan tetap menuliskan www

Alamat di internet ini dikenal dengan istilah domain name yang merupakan alamat otentik dan hanya ada satu nama domain di dunia yang berarti tidak ada nama kembar. Setiap halaman dari situs dalam web memiliki alamat yang unik dan khas yang disebut URL.

Batas Nama pada URL dan Penanda URL

Nama pada URL untuk http atau https dipisahkan dengan /: kemudian namanya sendiri dipisahkan dengan . (titik) atau orang sering bilang dot (Inggris). Akhiran dari nama URL misalnya .com, .ac.id, .co.id, .org dari tanda tersebut misalnya .com berarti web .id menandakan itu web yang beralamat di Indonesia, .ac (academik — suatu lembaga pendidikan tinggi misal http://unnes.ac.id alamat URL ini berarti web atau laman dari lembaga pendidikan tinggi UNNES di Semarang. Nama belakang dari alamat web biasa disebut domain name (nama domain).

Pembagian nama belakang dari nama domain, sekilas Kissparry uraikan di sini antara lain.

  • .com : commercial (komersial)
  • .net : network (jaringan).
  • .org : organization (organisasi).
  • .info : information (informasi).
  • .biz : business (bisnis).
  • .mobi : mobile (selular).
  • .tv : television (televisi).
  • .edu : education (pengajaran).
  • .ac : academic (pendidikan)
  • .sch : schools (sekolah)
  • .co : company (perusahaan)
  • .or : organization (organisasi)
  • .go : geverment (pemerintah)
  • .mil : military (militer)

Ada pula kode nama negara yang menyertai nama domain

  • .id : Indonesia
  • .my : Malaysia
  • .sg : Singapore
  • .th : Thailand
  • .kr : Korea
  • .jp : Japan
  • .uk : United Kingdom
  • .nl : Netherland

Bila digabung misalnya http://toyota.co.id (ini berarti perusahaan Toyota di Indonesia), http://unnes.ac.id (ini berarti lembaga pendidikan di Indonesia namanya UNNES), http://sman1-smg.sch.id/ (ini berarti sekolah SMAN 1 Semarang di Indonesia).
Sayang sekali web SMAN 1 Semarang kena gangguan, ini penampilannya.

hacker-sman1smg

Itu sekilas dari istilah yang ada di dunia maya atau internet yang perlu kita ketahui secara sederhana sebelum menginjak ke pembahasan selanjutnya.

Peramban Google Chrome

Sudah kita ketahui bahwa salah satu peramban yang terkenal adalah Chrome dari grup aplikasi Google, yang baru saja Anda unduh dan pasang di smartphone Anda. Untuk menjalankan dengan browser tersebut Anda cukup mengklik pada simbol atau logonya, seperti di bawah ini.

Google-Chrome-Browser-icon-2016
Logo Google Chrome

Sebelum melanjutkan ke pembahasan selanjutnya, ulasan beberapa pengertian dasar dari istilah yang ada di internet harus sudah memahaminya. Ada URL merupakan alamat di internet, ada HTTP dan HTTPS merupakan penyambung dari alamat.

Saat menulis alamat ada yang langsung tanpa http atau https misalnya kissparry.com coba langsung di ketik di browser Chrome, namun ada alamat yang tidak mau tanpa menuliskan http atau https, juga www.

Bila Anda berhasil menjalankan browser atau peramban Chrome maka pada smartphone akan muncul seperti ini.

Google-Chrome-muka-smartphone
Tampak Muka atau Halaman Depan Google Chrome

Penjelasan :

Coba perhatikan gambar yang tampak kanan atas

  • angka 1 pada bingkai persegi merupakan pemberitahuan bahwa yang sedang dibuka oleh Chrome adalah 1 layar terbuka,
  • sedangkan tanda titik tiga menurun adalah pilihan menu yang tersedia.

Telusuri atau ketik alamat web

Tulisan dibawah logo Google digunakan untuk mengetik kata kunci yang akan digunakan untuk mencari hal-hal yang terkait dengan internet (artikel, gambar, lagu-lagu dan lain-lainnya)

Dibawah tulisan Telusuri atau ketik alamat web ada beberapa gambar simbol, itu adalah berkas atau aplikasi yang baru saja di buka dengan Chrome tersebut. Bila ada yang cocok ingin buka lagi bisa langsung di klik dari salah satu gambar dimaksud.

Contoh : Misalkan akan mencari artikel di web kissparry, kata kunci yang dimasukkan adalah kissparry. Silakan dicoba seperti pada contoh awal tulisan ini, meramban dengan Google.

Google_depan2
pencarian kata kissparry ketemu

Setelah menemukan KISSPARRY, itu tertera Fortuga Kissparry https://kissparry.com dan dibawahnya memuat isi dari blog kissparry.com.

Langkah berikutnya akan membuka salah satu artikel misalnya GOTONG ROYONG, tetapi membukanya dilembaran berikut atau tabulasi baru, caranya tekan agak lama pada tulisan link GOTONG ROYONG, maka akan muncul seperti ini.

Chrome tab baru

Mengapa dibuka dengan lembaran atau tab atau jendela baru, agar halaman yang saat ini terbuka tidak tertempa, maka pilihlah Buka di tab baru, setelah itu akan muncul seperti ini. Dalam hal ini tidak langsung tampak jendela baru untuk artikel dimaksud (kebetulan smartphone yang Kissparry gunakan seperti itu, mungkin berbeda dengan milik Anda).

Maka tekan angka dalam bingkai di pojok kanan atas (atau kiri atas layar Anda), hingga seperti ini.

Chrome_jendela
Jendela-jendela Chrome

Silakan ditekan ANGKA di bingkai hingga seperti gambar di atas, yang akan menggambarkan jendela-jendela yang terbuka saat ini di Google Chrome.

Di sini ada angka 4 dalam bingkai (lihat pojok kanan atas), itu berarti ada 4 jendela yang terbuka. Anda tinggal pilih jendela mana yang akan ditempatkan di halaman terdepan. Karena kita membahas membuka artikel GOTONG ROYONG di jendela baru, sudah barang tentu jendela yang kita pilih atau kita klik adalah jendela nomor 3 yang berisi artikel GOTONG ROYONG | Forturga Kissparry.

Sebelum Anda mengklik atau memilih jendela yang berisi artikel GOTONG ROYONG alangkah baiknya kita singgung sedikit beberapa tombol yang terlihat, diantaranya adalah tombol + (PLUS). Tombol itu berfungsi untuk menambah jendela yang dibuka, standar bila PLUS di klik akan muncul jendela baru Google Chrome, yang kemudian bisa membuka alamat baru atau pencarian baru.

Sekarang klik atau tekan jendela GOTONG ROYONG, maka akan muncul seperti ini.

Chrome_jendela_artikel

Sampai disini kita sudah mulai selangkah lebih paham mengenai Browser Google Chrome, dan sekarang mari kita lihat sekilah MENU (tanda titik tiga ke bawah) dari Google Chrome.

Menutup Jendela yang Aktif di Google Chrome

Jendela yang terbuka di Google Chrome kita bisa puluhan, bagaimana menutup atau membuangnya karena sudah tidak digunakan lagi. Apabila Anda menggunakan laptop, yang dilakukan cukup mengklik tanda silang, seperti menambah jendela baru dengan mengklik tanda tab baru yang berada di gambar tab paling kanan.

Untuk menutup jendela Chrome di smartphone caranya juga mudah, yaitu dengan cara menekan angka di bingkai kanan atas, begitu terbuka jendela-jendela tersebut tinggal di tekan dan digeser ke kanan atau ke kiri untuk membuangnya. Apabila ditekan dan digeser ke atas dan ke bawah berfungsi untuk membesarkan dan mengecilkan jendela.

Sudah berhasil menutup? semoga karena cukup ditekan digeser ke kanan atau ke kiri sama saja.

Wah kalau satu-satu kelamaan, klik saja simbul MENU (titik tiga kebawah di kanan atas) setelah muncul 4 menu pilihan maka pilihlah Tutup semua tab.

MENU GOOGLE CHROME

Menu yang tersedia di Google Chrome versi mobile hampir sama dengan versi desktop, sekarang yang kita bicarakan yang versi mobile atau di smartphone.

Menu Chrome
Menu Google Chrome (yang tidak terlihat Bantuan dan Masukan)

Di sini tidak akan di bahas secara menyeluruh, silakan apabila akan mencoba-coba sendiri terkait dengan menu tersebut.

Menu Chrome

  • Tanda BINTANG, merupakan hal yang favorit
  • Tanda PANAH KEBAWAH DAN GARIS, merupakan perintah MENGUNDUH atau Download, lawan dari unduh adalah unggah atau upload.
    Bila Anda perintahkan UNDUH, maka halaman atau jendela yang terbuka akan di DOWNLOAD, dan terekam di tempat penyimpanan dokumen yang ditentukan.
  • Tanda LINGKARAN BULAT dan HURUF i, berisi informasi
  • Tanda LINGKARAN BULAT putus ADA PANAH ke KANAN, itu tanda kembali

Menu Chrome

  • Tab baru, dengan mengklik Tab baru maka Chrome akan menyediakan jendela atau tab baru, sehingga jendela bertambah.
  • Tab penyamaran baru, dengan mengklik menu ini Chrome akan membuka peramban samaran atau browser penyamaran.
  • Histori, menampilkan riwayat yang baru aktivitas dalam penggunaan Chrome
  • Bagikan, perintah untuk membagikan dokumen
  • Tambahkan ke layar utama, artikel atau dokumen akan dikirim ke layar utama
  • Setelan, digunakan untuk menyetel fungsi-fungsi dari Chrome

Peramban Chrome Mode Penyamaran

Dengan mengklik Tab penyamaran baru maka peramban Chrome akan beralih ke mode penyamaran. Apabila kita menggunakan desktop mana mode penyamaran ini akan berada disisi dari mode asli, namun untuk Chrome mobile atau di smartphone akan langsung membuka peramban penyamaran.

Namanya saja menyamar, dalam mode ini layar tidak bisa ditangkap, sehingga tidak bisa dicontohkan gambarnya disini.

Nah… inilah materi tentang meramban atau browsing di internet, semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Kissparry
Editor: Kissparry Wa

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.