Tuntang bukan merupakan bagian wilayah Salatiga, Saloka Theme Park ada disini (Tuntang) masuk wilayah Kabupaten Semarang, Anda pasti langsung dapat menangkap wilayahnya pasti dekat Kota Salatiga.

Saloka Theme Park yang berada di wilayah Kabupaten Semarang, tepatnya di Kecamatan Tuntang Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah merupakan taman impian dengan lima tema atau lima zona. Wahana yang ada disini sebanyak 25 wahana dalam lima tema tersebut, yakni Zona Pesisir, Zona Balalantar, Zona Ararya, Zona Kamayayi, dan Zona Segara Prada, seperti dikutip dari laman saloka.

Lokasi

Lokasinya mudah dijangkau, berada ditepi jalan raya Semarang – Solo, jika dari Semarang berada disebelah kanan Anda dan sebaliknya dari arah Solo ke Semarang akan berada disebelah kiri Anda.

Untuk tanda Anda telah dekat dengan Saloka Theme Park Tuntang Semarang adalah jika Anda sudah sampai POM bensin sekitar Tuntang, baik dari arah Semarang ataupun arah dari Solo (Surakarta). Ketika dari Solo jika sebelah kanan dan kiri banyak penjual gerabah, itu tandanya telah dekat dengan lokasi.

Jarak dari Kota Semarang ke Saloka Theme Park sekitar 35 km, jika ditempuh melalui tol Semarang – Solo menggunakan pintu keluar Bawen, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit, setelah keluar tol arahkan perjalanan Anda ke kiri menuju Tuntang. Selepas hutan kopi sudah masuk wilayah Tuntang dengan ditandai jembatan Tuntang diatas Rawa Pening.

Demikian pula bagi Anda yang dari Yogyakarta, sampai di pertigaan Bawen silakan mengarah kekanan, jika nanti terhubung dengan jalan tol berarti keluar pintu tol Bawen. Dari Exit Tol Bawen kira-kira butuh waktu 10 menit untuk sampai di Saloka Tuntang.

Jarak dari Kota Solo (Surakarta) sekitar 75 km, jika melalui tol mungkin lebih nyaman keluar tol Bawen.

5 Tema (Zona) dan Tiket Masuk

Jumlah wahana sebanyak itu (25 wahana) ditampung dalam lahan seluas 2 Ha, memang ringkas, tetapi risiko pengunjung harus membayar seluruh area zonasi, dengan tiket masuk Rp 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah).

Sebenarnya tiket harganya cukup murah karena tiap wahana hanya berharga kisaran Rp 6.000,00 saja, tetapi yang menjadi masalah tidak semua wahana bakal disambangi oleh seorang pengunjung, meskipun begitu pasti pengunjung diharapkan merasa puas atas kunjungannya, untuk itu mari kita jelajahi disini.

Dengan 5 tema dalam 25 wahana tersebut menjadikan Saloka Theme Park sebuah wahana terlengkap di Jawa Tengah yang disajikan dalam satu lokasi, terlebih tempat ini berhimpitan dengan Rawa Pening. Rawa merupakan istilah lain dari danau. Sehingga sangat mungkin pengelola kedepannya bekerja sama dengan Badan Pengembang Kawasan Rawa Pening.

Saat mudik lebaran 1440 H (2019) kami akan mengunjungi taman tersebut sambil untuk istirahat, tetapi karena waktu sudah terlalu sore, disamping itu harganya, pengunjungnya ramai, sehingga tidak mungkin akan selesai, akhirnya “eman-eman” muncul, dan diputuskan… lain waktu saja.

Tema Pesisir

Masuk ke Saloka Theme Park kita akan disambut dengan zona Pesisir, sebagian besar masyarakat Indonesia menginginkan suasana pesisir pantai. 17 ribu lebih pulau yang ada di Indonesia mengilhami tema tersebut.

Mulai dari dekorasi, interior hingga bentuk bangunan akan membawamu berasa berada di pantai.

Lumbung Ilmu Galileo Saloka (dok. Salokapark)

Ada beberapa wahana yang dapat dinikmati di sini, di antaranya Lumbung Ilmu Galileo, Taman Galileo, Kincir Raksasa, serta replika Kapal Jenju. Selain itu, ada arena Jejogedan sebagai acara hiburan gratis di hari-hari tertentu.

Kincir Raksasa setinggi 33 meter di Saloka Theme Park Tuntang Salatiga (Dok Saloka Park)

Setelah kita selesai keliling area atau akan istirahat, disini ada Pasar Seni Saloka untuk berburu barang-barang suvenir, sebagi kenang-kenangan. Selain itu, ada Kafe Jenju, Tuk CIO Café, dan Srengenge Café.  

Tema Balalantar

Balalantar terinspirasi dari tema hutan belantara, yakni negara Indonesia juga masih banyak hutan belantara. Di sini ada beberapa wahana dan atraksi yang disesuaikan untuk dinikmati bersama keluarga.

Masuk ke zona Balalantar, kamu akan disambut Resi Waringin, Si Pohon Bijak penghuni hutan yang siap menyambut kedatanganmu.

Kumbang Layang Saloka Theme Park Tuntang Kab. Semarang (dekat Rawa Pening Jl Semarang – Solo) – Dok Saloka Park

Di zona Balalantar kamu dan keluarga dapat menikmati wahana Angon Ingon (kebun binatang mini seluas 1.240 m2, Kumbang Layang (air bike), Jamur Apung (perahu berbentuk jamur), Safari Bocah (antique car), Adu Tangkas (3 lempar bola), dan Adu Nyali (haunted house – rumah hantu).

Baca Juga : Trip Wisata ke Batam Sehari 2019, Kissparry Kemana Saja

Tema Ararya

Tema ini cocok untuk para penyuka tantangan karena memiliki beberapa macam wahana yang memacu adrenalinmu.

Beberapa wahana yang menantang di zona Ararya cukup beragam, di antaranya ada Paku Bumi (jatuh dari ketinggian 38 m), Bengak-Bengok (putar ayun), Lika-Liku (kereta luncur), Obat Abit (komedi putar ayun melayang – minimal tinggi badan 120 cm), dan Senggal Senggol (bumper car – minimal tinggi badan 120 cm).

Obat Abit Saloka Theme Park

Selain memiliki wahana menantang, Ararya juga terdapat wahana santai untuk bermain menikmati suasana dan mengisi perut, yaitu Kolam Bebek dan Rimba Café. Seperti di zona Kamayayi, zona Ararya juga dilengkapi dengan beberapa foodtruck yang menyediakan berbagai sajian makanan dan minuman.

Tema Kamayayi

Kamayayi adalah zona di Saloka Theme Park yang dibuat untuk anak-anak agar mereka bisa riang bermain dan belajar. Nama tema terinspirasi untuk kaum remaja anak-anak balita dan bayi.

Ada 7 wahana permainan anak-anak yang bisa dimainkan, yaitu Polah Bocah (15 permainan anak, usia 1-2 tahun dengan pengawasan, usian 3-6 tahun), Kupu-Kupu (Sepeda gantung), Pinguin (kapal pinguin), Tata-Titi (mobil listrik kecil untuk usia 5 tahun hingga 10 tahun), Semprat-Semprot (bermain semprotan air), Komidi Kuda Laut (komidi putar – carousel) , dan Teka Teko (cangkir raksasa).

Sepeda gantung bagai kupu-kupu di Wahana Kupu-kupu Saloka Tuntang (dok Saloka Theme Park)

Selain itu, zona Kamayayi juga dilengkapi dengan beberapa resto berbentuk foodtruck dan kedai es krim yang nikmat-nikmat yang tentu akan sangat disukai anak-anak.

Tema Segara Prada

Zona ini mengangkat tema industri pertambangan dan menjadi satu-satunya zona yang menyajikan perpaduan antara wahana bermain dengan tempat kuliner.

Ganjang Ganjing (Arung Jeram mini) Saloka Theme Park (dok. Saloka Theme Park)

Wahana Gonjang Ganjing (arung jeram mini) dan Kedai Daimami (Cafe Resto dengan kapasitas 600 orang), berada di tempat ini. Didekat tempat ini terdapat Taman Galileo.

Baca Juga : Nama Obyek Wisata di Kabupaten Semarang, Rute dan Kulinernya

Pilih Tema atau Zona, dan Waktu

Pengunjung boleh memilih tema yang diinginkan terlebih dahulu, apalagi saat ramai pengunjungnya, harus rela antri dalam satu wahana.

Beberapa wahana mengharuskan pendampingan orang tua/wali jika mereka anak-anak terutama umur 1 – 2 tahun pada wahana tertentu.

Waktu kunjungan adalah setiap hari, buka pukul 10.00 dan tutup pukul 18.00 (hari biasa) hingga pukul 20.00 (Sabtu dan Minggu, hari libur-kondisional), dengan harga tiket (HTM – harga tanda masuk) sebesar Rp 150.000,00 perorang, tiket rombongan dengan pemesanan didepan mungkin dengan harga berbeda.

Saat cuaca kurang mendukung, mungkin beberapa wahana akan ditutup untuk sementara. Misalkan hujan turun dengan deras, untuk wahana terbuka digerakkan dengan tenaga listrik, mungkin saja wahana akan diistirahatkan. Jika begini, apakah pengunjung dapat diskon? Jawabnya silakan menanyakan saat kunjungan Anda.

Catatan Khusus

Saloka Theme Park Tuntang Semarang ini hampir sama dengan Ocarina Mega Wisata di Batam. Jumlah wahana berbeda, tata kelola juga beda, untuk di Ocarina Batam HTM-nya Rp 15.000,- dan masing-masing wahana dikenakan biaya masuk mulai Rp 5.000,- hingga Rp 35.000,- namun ada wahana gratis sesuai promo saat itu. Hampir sama pula dengan theme park yang lain seperti di Batu ada Jatim Park.

Bagi pengunjung nenek kakek yang tidak mungkin bermain, bisa beralih ke obyek wisata yang lain misalnya ke Kampung Kopi Banaran yang lokasinya di kebun kopi Tuntang (Bawen). Bisa juga ke wisata apung Kampung Rawa (Rawa Pening). Alternatif yang lain melakukan wisata ke Dusun Semilir Bawen atau ke Eling Bening. Satu rombongan sebagian ke Saloka sebagian yang lain diobyek wisata terdekat. Rencanakan perjalanan Anda sejak awal.

Baca Juga : Nama Obyek Wisata di Kabupaten Semarang, Rute dan Kulinernya

Pertunjukan khusus di Saloka saat akhir pekan dan hari libur, seperti air mancur menari, musik, parade, hingga permainan laser dan lampu yang ajaib di Panggung Jejogedan, bisa menjadi alternatif waktu untuk kaum tua yang membutuhkan hiburan bersama keluarga mereka. Maksudnya, untuk kaum tua berkunjung di akhir pekan, meskipun risikonya berjubel.

Informasi ini sifatnya sebagai referensi, bukan merupakan informasi baku dari obyek wisata tersebut, syarat dan ketentuan termasuk promo-promo berlaku sesuai dengan yang dikeluarkan oleh pihak-pihak terkait Saloka Theme Park baik langsung di lokasi, media sosial, maupun media online lainnya.

Sekian, semoga bermanfaat.

oleh Eswedewea
editor Ewedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.