Infuse Water Seledri, Kaya Manfaat

Keluarga dan Sahabat KissParry yang Terhormat, kembali KissParry akan berbagi informasi mengenai Koleksi Hidroponik, selanjutnya yang dapat dimanfaatkan untuk Infuse Water berikutnya adalah daun seledri.

Seledri secara umum dimanfaatkan sebagai penyedap pada masakan, akan tetapi banyak manfaat untuk kesehatan.

Cara membuat Infuse Water Daun Seledri sangat mudah, tentunya siapkan daun seledri dan cuci hingga bersih, kemudian sedikit diremas atau di tumbuk-tumbuk sedikit dalam wadah yang sudah disiapkan, kemudian ditambahkan dengan air putih. Agar hasil lebih baik simpan dalam kulkas semalam sebelum diminum. Untuk menambah aroma dan rasa dapat ditambah dengan bahan lain seperti nanas.

Seledri adalah salah satu sumber  fitonutrien fenolik yang memiliki sumber antioksidan dan anti-inflamasi properti. Fitonutrien ini meliputi asam caffeic, asam caffeoyiquinic, asam coumaric, asam sinamat, asam ferulic, quercetin, lunularin, apgenin, luteolin dan furanocomarins.

Koleksi hidroponik seledri, Wildan Hidroponik Sekayu (Kissparry Sekayu)

Baca Juga : Manfaat Daun Sirih (Hijau) untuk Kesehatan, dan Lainnya

Manfaat Daun Seledri dan Cara Membuatnya

1. Obat Penurun Panas

Sifat air perasan seledri yang dapat mendinginkan suhu tubuh dapat dimanfaatkan sebagai obat penurun panas. Cara meramunya adalah :

  • Tumbuklah daun seledri secukupnya
  • peras hasil tumbukan tersebut untuk mendapatkan airnya
  • Oleskan ke kepala anak yang terserang demam

2. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Seledri adalah tanaman herbal yang rendah kalori. Ia hanya mengandung 16 kalori per 100 g, serta mengandung serat non larut. Kandungan inilah yang menjadikannya bisa digunakan sebagai salah satu ramuan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan cocok digunakan untuk menurunkan berat badan.

Cara meramu obatnya dengan cara:

  • Tumbuklah 100 gr seledri hingga halus.
  • Tambahkan air matang dan masak hingga mendidih
  • Saring air yang mendidih tersebut
  • Anda bisa menambahkan madu sebagai perasa yang menggantikan gula
  • Minum ramuan tersebut dua kali sehari.

3. Mengobati Mata kering

Seledri memiliki kandungan vitamin A dan beta karotin yang berfungsi sebagai antioksidan flavonoid alami. Ia di butuhkan oleh tubuh untuk menjaga selaput lendir, mata, dan kulit agar tetap sehat. Untuk itu jikaAnda mengalami mata yang kering, perih, dan gatal jangan menguceknya hingga menyebabkan iritasi. Cukup ramulah obat menggunakan daun seledri ini.

Cara meramunya yaitu:

  • Tumbuk daun seledri bersamaan dengan daun bayam dan daun kelor.
  • Setelah tumbukan halus, tambahkan sedikit garam dan air
  • Minumlah campuran tersebut tiga kali sehari untuk hasil yang optimal.

4. Mengobati Anemia

Kondisi tubuh yang lemah, letih, lesu karena anemia tentu saja sangat mengganggu aktifitas bukan? Nah,Anda bisa menggunakan ramuan daun seledri untuk mengatasi kondisi tersebut. Kandungan folat dalam daun seledri dapat digunakan untuk membantu mengobati anemia.

Cara meramunya yaitu:

  • Buatlah jus dengan campuran dari daun seledri, nanas, madu dan air.
  • Minumlah secara rutin campuran jus tadi setiap hari hingga kondisi tubuh terasa vit kembali.

Baca Juga : Manfaat Bayam Merah, Sayuran untuk Kesehatan Mata, Ginjal juga Anti Kanker

5. Mengobati Penyakit Rematik

Rematik adalah penyakit yang menyerang tulang. Kandungan vitamin K pada daun seledri dapat membantu tubuh untuk menggunakan kalsium yang baik untuk tulang. Oleh karena itu daun seledri juga bisa digunakan untuk mengobati tulang. Caranya cukup mudah.Anda bisa menggunakan daun seledri sebagai sayur sampingan untuk lalapan makanan sehari-hari.

Efek Samping Daun Seledri

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi, dan dalam hal ini masing-masing pengguna akan berbeda satu sama lainnya.

1. Alergi

Jika Anda tidak terbiasa dengan aroma seledri, maka sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya.  Bagi orang yang sensitif dengan aroma seledri, daun tanaman ini tidak berfungsi sebagai obat, namun justru dapat menyebabkan alergi. Gejalanya bisa berupa gatal, kulit memerah, pembengkakan pada mulut dan rasa pusing.

Ia juga bisa menyebabkan masalah gangguan pada perut, dan yang paling parah, bisa beresiko koma hingga meninggal dunia.Seledri mengandung senyawa furanocoumarins. Senyawa ini dapat menjadi bumerang bagi yang tidak terbiasa memakan seledri. Ia dapat memicu kulit mereka menjadi sensitif terhadap cahaya matahari (potosensitif).

2. Pendarahan dan kontraksi uterine bagi wanita hamil

Daun seledri juga tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebihan bagi wanita hamil. Ia dapat memicu terjadinya pendarahan dan kontraksi uterine.

Oleh karena itu jika Anda adalah seorang ibu yang sedang berada dalam masa kehamilan. Perhatikanlah kadar konsumsi daun ini sehingga tidak membahayakan janin yang ada dalam perut anda.

3. Bersifat karsinogen jika dipanaskan ulang

Seledri termasuk dalam daftar makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang. Kandungan nitrat pada seledri, seperti halnya pada bayam yang jika dipanaskan ulang akan berubah menjadi asam nitrat. Asam nitrat inilah yang berbahaya bagi tubuh.

Ia beresiko memicu tumbuhnya kanker.Jadi, meskipun seledri memiliki banyak manfaat, sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, namun ia tidak baik jika dipanaskan ulang.

Manfaat tersebut akan hilang dan berganti menjadi penyakit yang mematikan yaitu kanker yang sangat berbahaya bagi tubuh kita.

4. Mengurangi air susu ibu jika sedang menyusui

Pengkonsumsian seledri secara berlebihan tidak baik bagi seorang ibu yang sedang menyusui. Hal ini dapat menyebabkan mengurangi air susu sang ibu.Nah, itu tadi adalah beberapa manfaat dan efek samping yang dimiliki oleh daun seledri.

Baca Juga : Jenis-Jenis Buah Pisang, si Buah Surga Kaya Manfaat

Silahkan pahami kondisi tubuh Anda apakah cocok untuk menggunakan daun seledri ini sebagai salah satu alternatif pengobatan ataukah tidak.

Jangan sampai tumbuhan yang memiliki manfaat pengobatan ini menjadi penyakit Anda di kemudian hari karena kelalaian anda. Untuk lebih amannya Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter bila tidak yakin untuk menggunakan ramuan ini.

Semoga bermanfaat

Oleh LikKasjo
Editor Eswedewea

Referensi:

  • manfaatjahemerah.com/manfaat-dan-efek-samping-daun-seledri/
  • indonesiaindonesia.com/f/248959-manfaat-efek-samping-daun-seledri-kesehatan/

Gambar
Koleksi pribadi

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca